Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya
Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya
11. Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom merupakan...
A. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 4 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
B. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
C. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
D. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
Pembahasan:
Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom terdiri dari enam tingkatan, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), menerapkan (applying), menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
Jawaban paling sesuai: C
12. Keterampilan proses psiKurikulumotor terdiri dari...
A. Imitasi, manipulasi, penilaian, artikulasi, dan karakterisasi
B. Imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
C. Imitasi, penerimaan, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
D. Imitasi, menanggapi, presisi, artikulasi, dan karakterisasi
Pembahasan:
Keterampilan proses psiKurikulumotor yang terdiri dari imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi sesuai dengan yang dijelaskan.
Jawaban paling sesuai: B
13. Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian, yaitu...
A. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), menerapkan (applying), dan mengevaluasi (evaluating), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilanmemahami (understanding), menganalisis (analysing), dan mencipta (creating)
B. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu memahami (understanding), mengingat (remembering), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
C. Pertama adalah keterampilan tingkat sedang yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
D. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
Pembahasan:
Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah keterampilan tingkat rendah seperti mengingat, memahami, dan menerapkan. Yang kedua adalah keterampilan tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Jawaban paling sesuai: D
14. Ranah kognitif meliputi kemampuan...
A. Mengembangkan konsep/prinsip dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
B. Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
C. Menciptakan konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
D. Menguasai konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.
Pembahasan:
Ranah kognitif mencakup kemampuan mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari, sesuai dengan tingkatan memahami menurut Bloom.
Jawaban paling sesuai: B
15. Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai...
A. Higher Order Think Skill (HOTS)
B. Higher Open Thinking Skill (HOTS)
C. Higher Order Thinking Skill (HOTS)
D. High Order Thinking Skill (HOTS)
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Jawaban paling sesuai: C
Demikianlah Artikel Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya
Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya dengan alamat link https://infogurudancpns.blogspot.com/2024/09/contoh-soal-pedagogik-ukppg-guru_24.html
0 Response to "Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya"
Posting Komentar