Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya
Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya - Hallo sahabat Info Guru Dan CPNS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Blog Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
BlogPendidikan.net - Berikut ini contoh soal UKPPG yang bisa Anda download sebagai bahan referensi Anda untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan PPG Guru Tertentu.
Anda sekarang membaca artikel Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya dengan alamat link https://infogurudancpns.blogspot.com/2024/09/download-contoh-soal-ukppg-guru.html
Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya
BlogPendidikan.net - Berikut ini contoh soal UKPPG yang bisa Anda download sebagai bahan referensi Anda untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan PPG Guru Tertentu.
Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya.
1. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah...
A. siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
C. siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)
D. kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran yang mencakup siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan prinsip Problem Based Learning.
Jawaban paling sesuai: A
2. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah...
A. menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
B. menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
C. menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
D. mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
Pembahasan:
Indikator kunci untuk kompetensi dasar tersebut adalah menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar, bukan hanya menjelaskan atau mengklasifikasikan.
Jawaban paling sesuai: B
3. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...
A. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
B. merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
C. tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
D. membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
Pembahasan:
Strategi guru yang efektif adalah tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi meskipun siswa belum siap, namun dengan memperhatikan pengembangan kemampuan siswa.
Jawaban paling sesuai: C
4. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat...
A. menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok
B. bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
C. mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
D. mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
Pembahasan:
Collaboration, atau kerja sama, sangat penting karena memungkinkan peserta didik untuk bekerja bersama dalam kelompok untuk memecahkan masalah yang ditemui.
Jawaban paling sesuai: B
5. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah...
A. menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
B. menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
C. menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
D. membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
Pembahasan:
Pengembangan materi pengayaan pada kompetensi dasar tersebut adalah menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian, bukan hanya menjelaskan atau membandingkan.
Jawaban paling sesuai: B
6. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks...
A. memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
B. pertanyaan mendasar
C. menyusun jadwal pembuatan
D. mendesain perencanaan produk
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran tersebut, yaitu menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas dan persiapan alat, bahan, media, dan sumber, sesuai dengan tahap mendesain perencanaan produk dalam model Project Based Learning.
Jawaban paling sesuai: D
7. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawli dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu meberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah...
A. Discovery Learning
B. Inquiry Learning
C. Problem based Learning
D. Project Based Learning
Pembahasan:
Kegiatan pembelajaran yang melibatkan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, serta pemberian pembuktian dan simpulan sesuai dengan prinsip-prinsip Discovery Learning.
Jawaban paling sesuai: A
8. Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah...
A. Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul, selama penyelesaian proyek dengan guru.
B. Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
C. Membahas kelayakan proyek yang sudah dibuat dan membuat laporan produk /karya untuk dipaparkan kepada orang lain
D. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah termasuk dalam tahap mendesain perencanaan produk dalam model Project Based Learning.
Jawaban paling sesuai: D
9. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Leraning yang....
A. Pembuktian (Verification)
B. Pengolahan Data (Data Processing)
C. Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
D. Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
Pembahasan:
Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan bagian dari sintaks Discovery Learning yang berfokus pada pembuktian.
Jawaban paling sesuai: A
10. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
A. Mencatat hasil pengamatan cuaca
D. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
C. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Melihat video tentang cuaca
Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi merupakan contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi karena melibatkan analisis dan pembandingan.
Jawaban paling sesuai: B
11. Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom merupakan...
A. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 4 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
B. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
C. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
D. Segala aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
Pembahasan:
Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom terdiri dari enam tingkatan, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), menerapkan (applying), menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
Jawaban paling sesuai: C
12. Keterampilan proses psiKurikulumotor terdiri dari...
A. Imitasi, manipulasi, penilaian, artikulasi, dan karakterisasi
B. Imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
C. Imitasi, penerimaan, presisi, artikulasi, dan naturalisasi
D. Imitasi, menanggapi, presisi, artikulasi, dan karakterisasi
Pembahasan:
Keterampilan proses psiKurikulumotor yang terdiri dari imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi sesuai dengan yang dijelaskan.
Jawaban paling sesuai: B
13. Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian, yaitu...
A. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), menerapkan (applying), dan mengevaluasi (evaluating), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilanmemahami (understanding), menganalisis (analysing), dan mencipta (creating)
B. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu memahami (understanding), mengingat (remembering), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
C. Pertama adalah keterampilan tingkat sedang yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
D. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
Pembahasan:
Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah keterampilan tingkat rendah seperti mengingat, memahami, dan menerapkan. Yang kedua adalah keterampilan tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Jawaban paling sesuai: D
14. Ranah kognitif meliputi kemampuan...
A. Mengembangkan konsep/prinsip dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
B. Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
C. Menciptakan konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
D. Menguasai konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.
Pembahasan:
Ranah kognitif mencakup kemampuan mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari, sesuai dengan tingkatan memahami menurut Bloom.
Jawaban paling sesuai: B
15. Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai...
A. Higher Order Think Skill (HOTS)
B. Higher Open Thinking Skill (HOTS)
C. Higher Order Thinking Skill (HOTS)
D. High Order Thinking Skill (HOTS)
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Jawaban paling sesuai: C
16. Yang termasuk area HOTS dalam dimensi proses berpikir...
A. Mengingat, menganalisis, dan mengevaluasi
B. Mengingat, menganalisis, dan mencipta
C. Menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta
D. Memahami, menganalisis, dan mengevaluasi
Pembahasan:
Area HOTS dalam dimensi proses berpikir meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Jawaban paling sesuai: C
17. Kurikulumbinasi dimensi pengetahuan terdiri dari...
A. Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan metakognitif
B. Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan mencipta
C. Pengetahuan mengingat, konseptual, prosedur, dan metakognitif
D. Pengetahuan factual, konseptual, menganalisis, dan metakognitif
Pembahasan:
Kurikulumbinasi dimensi pengetahuan terdiri dari pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan metakognitif, sesuai dengan taksonomi Bloom.
Jawaban paling sesuai: A
18. Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...
A. Proses berpikir Kurikulumpleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
B. Proses berpikir Kurikulumpleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
C. Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
D. Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi melibatkan proses berpikir Kurikulumpleks seperti menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan.
Jawaban paling sesuai: B
19. Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah...
A. Kognitif dan afektif
B. Kognitif dan psiKurikulumotor
C. Kognitif, afektif, dan psiKurikulumotor
D. Afektif dan psiKurikulumotor
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi terkait dengan ketiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psiKurikulumotor.
Jawaban paling sesuai: C
20. Keterampilan berpikir tingkat tinggi menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang...
A. Taksonomi Bloom
B. aksonomi Marzano
C. Aspek pemahaman Tighe dan Wiggins
D. Taksonomi Wiggins
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi mengacu pada taksonomi Bloom, yang menguraikan berbagai proses tingkat tinggi dalam pembelajaran.
Jawaban paling sesuai: A
21. "Nah, kalau demikian adakah gagasan apa untuk pemecahan masalah yang anda hadapi? Coba anda sampaikan." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...
A. Tujuan
B. Rencana Aksi
C. Identifikasi
D. Tanggung Jawab
Pembahasan:
Percakapan tersebut terjadi pada tahap Rencana Aksi dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak mengajukan gagasan untuk pemecahan masalah yang dihadapi.
Jawaban paling sesuai: B
22. Salah satu kata kunci yang bisa kita ambil dari definisi coaching adalah...
A. pengembangan karir
B. knowledge sharing
C. pendampingan
D. optimalisasi potensi
Pembahasan:
Salah satu kata kunci yang dapat diambil dari definisi coaching adalah "optimalisasi potensi", yang menyoroti upaya untuk memaksimalkan potensi individu yang dibimbing.
Jawaban paling sesuai: D
23. Pak Dudung: Ok, Bu Dian...dari beberapa hal yang sudah kamu utarakan, bisa Ibu sampaikan dalam dua atau tiga kalimat kesimpulan?"
Bu Dian: "Hari ini saya sudah dapat beberapa solusi, untuk bisa mengaturulang jadwal saya. Saya akan meminta dukungan kepala sekolah untuk bisa memberikan jadwal yang lebih fleksibel."
Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...
A. Tanggung Jawab
B. Identifikasi
C. Rencana Aksi
D. Tujuan
Pembahasan:
Percakapan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk menyampaikan kesimpulan dari percakapan yang telah dilakukan.
Jawaban paling sesuai: A
24. Pak Ahmad merupakan seorang pengawas yang handal. Pada sebuah pelatihan ia diminta untuk mendampingi beberapa orang guru yang akan mengikuti pelatihan fungsional calon pengawas sekolah selama 3 (tiga) bulan pelatihan. Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah....
A. Trainer
B. Konselor
C. Coach
D. Mentor
Pembahasan:
Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah sebagai mentor, karena ia akan mendampingi beberapa orang guru dalam jangka waktu yang cukup lama untuk mengembangkan keterampilan mereka.
Jawaban paling sesuai: D
25. "Baik Bu Nanan dari beberapa alternatif yang sudah ibu sampaikan tadi, apa tindaklanjut yang ibu dilakukan setelah sesi ini dan berapa lama target waktunya?" Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....
A. Tanggung Jawab
B. Rencana Aksi
C. Tujuan
D. Identifikasi
Pembahasan:
Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk merencanakan tindak lanjut setelah sesi berlangsung.
Jawaban paling sesuai: A
Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya >>> DOWNLOAD
Demikianlah Artikel Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya
Sekianlah artikel Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya dengan alamat link https://infogurudancpns.blogspot.com/2024/09/download-contoh-soal-ukppg-guru.html
0 Response to "Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya"
Posting Komentar