-->

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya - Hallo sahabat Info Guru Dan CPNS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blog Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya

Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya

BlogPendidikan.net
- Berikut ini beberapa kumpulan contoh soal UTBK UKPPG untuk peserta PPG Guru Tertentu yang saat ini melaksanakan pendidikan pelatihan Guru profesiaonal.

Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) dilaksanakan setelah seluruh peserta menerima pembelajaran. Jadi, UKPPPG merupakan evaluasi bagi peserta PPG sekaligus menjadi dasar penerbitan sertifikat pendidik.

UKPPPG bertujuan untuk menciptakan guru-guru yang profesional dan memiliki standar kompetensi yang diharapkan. Dengan demikian, guru-guru lulusan PPG akan lebih siap mengajar di berbagai kondisi lingkungan sekolah.

UKPPPG diselenggarakan dalam dua jenis tes yang berbeda, salah satunya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK dilaksanakan secara tertulis dan daring untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengelola pembelajaran.
Kumpulan Soal UTBK UKPPPG PPG Guru Tertentu beserta Kunci Jawabannya

Berikut kumpulan contoh soal UTBK UKPPPG dan kunci jawaban yang bisa dijadikan bahan referensi untuk dipelajari mempersiapkan diri dalam ujian nanti:

1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah…

A. Discovery Learning
B. Inquiry Learning
C. Problem Solving

Jawaban: B

2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah…

A. Project Based Learning
B. Problem Based Learning
C. Inquiry Learning

Jawaban: B

3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah…

A. Cooperative Learning
B. Problem Based Learning
C. Project Based Learning

Jawaban: C

4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik

Jawaban: A

5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses ....

A. Reinforcement
B. Mimetic
C. Shaping

Jawaban: C

6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran Student Centered Learning...

A. Teori Behavioristik
B. Teori Konstruktivistik
C. Teori Kognitif

Jawaban: B

7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk…

A. Project Based Learning
B. Problem Based Learning
C. Cooperative Learning

Jawaban: C

8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara…

A. Memberikan Post-test
B. Memberikan Pre-test
C. Memberikan Tugas

Jawaban: B

9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu…

A. Pengetahuan, Keterampilan, Kognitif
B. Keterampilan, Afektif, Sikap
C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

Jawaban: C

10. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Inovatif, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat membuat kerajinan dari tanah liat dan membuat laporan kerajinan yang telah dibuat. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya . . .

A. Prosedur
B. Konsep
C. Keterampilan

Jawaban: C

11. Diketahui beberapa orang siswa memiliki nilai ujian IPA sebagai berikut:

Maya: 67
Melani: 70
Yoga: 90
Andi: 70
Nana: 85
Sandi: 77
Ayu: 77
Diana: 86

Jika kriteria kelulusan minimal untuk mata pelajaran IPA adalah lebih dari 70, maka siswa yang memerlukan pengayaan adalah…

A. Maya dan Melani
B. Yoga dan Diana
C. Andi dan Melani

Jawaban: B

12. Bu Ani mengetahui betul bahwa siswanya mempunyai gaya belajar kinestetik dan sangat menyukai percobaan dan berkomunikasi intensif. Pada tatap muka tertentu Bu Ani ingin siswanya memiliki kompetensi "mengkomunikasikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan yang paling tepat dan harus diterapkan Bu Ani dalam pembelajaran supaya para siswa mencapai kompetensi tersebut adalah ….

A. Saintifik
B. metakognitif
C. Direct instruction

Jawaban: A

13. Pada percobaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, salah satu siswa tersentuh wadah bahan yang panas. Tindakan pertama yang tepat pada bagian tubuh siswa yang terkena benda panas adalah ….

A. Mengolesi dengan alkohol
B. Mengoleskan pasta gigi
C. Mendinginkan dengan es

Jawaban: C

14. Pak Budi sedang membuat rencana pembelajaran tentang pembuatan magnet dengan cara induksi elektromagnetik. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Budi adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait....

A. Medan listrik dan kuat arus listrik
B. Rangkaian listrik dan medan listrik
C. Rangkaian listrik dan medan magnet

Jawaban: C

15. Kata kerja operasional berikut ini yang termasuk dalam HOTS

A. Membuat, menjelaskan, menentukan
B. Membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi
C. Menciptakan, memilih, membandingkan

Jawaban: C

16. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti ketela pohon, ubi jalar, bunga pukul empat, dan pacar air. Pak Ali ingin membelajarkan siswanya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transportasi air dan zat hara yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasi dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang tepat sebagai bahan percobaan. Pasangan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang harus digunakan Pak Ali adalah….

A. Kooperatif-paper and pencil test
B. PBL- test kinerja
C. Inkuiri-test kinerja

Jawaban: C

17. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan…

A. Memberikan Bimbingan
B. Memberikan Tes Awal
C. Memberikan Kaitan

Jawaban: C

18. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena…

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
B. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua

Jawaban: A

19. Pak Andi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan listrik dinamis. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Andi pada langkah mengasosiasi (M -4) adalah membimbing....

A. Mengumpulkan data dan menganalisis
B. Menganalisis data dan menarik kesimpulan
C. Melakukan percobaan dan mengumpulkan data

Jawaban: B

20. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat…

A. Kuantitatif
B. Kualitatif
C. Pengujian

Jawaban: A

21. Perhatikan indikator butir soal berikut: "Mendeskripsikan ciri-ciri rangkaian paralel".

Butir soal yang paling sesuai untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut pada paper and pencil test adalah....

A. Tuliskan ciri-ciri rangkaian paralel!
B. Gambarkan ciri-ciri rangkaian paralel!
C. Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel!

Jawaban: A

22. Perhatikan kompetensi dasar berikut ini: "Merancang penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi zat".

Indikator butir soal yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah….

A. Menganalisis data
B. Mengumpulkan data
C. Menentukan variabel penelitian

Jawaban: C

23. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....

A. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan Pendidikan
B. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan
C. Menyusun rubrik

Jawaban: A

24. Perhatikan kompetensi dasar berikut: "Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui percobaan".

Indikator pencapaian kompetensi aspek keterampilan yang sesuai dengan kompetensi dasar di atas adalah ....

A. Menjelaskan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda
B. Mendeskripsikan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda
C. Melaksanakan percobaan untuk membuktikan sifat cahaya yang dibiaskan pada medium yang berbeda

Jawaban: C

25. Seorang guru merancang evaluasi berdasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat adalah…

A. Evaluasi sumatif
B. Evaluasi diagnostic
C. Evaluasi formatif

Jawaban: A

26. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut: "mengkomunikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet disekitar kawat berarus listrik yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah".

Pendekatan yang paling tepat yang harus diterapkan dalam pembelajaran supaya para siswa dapat mencapai tujuan tersebut adalah ….

A. Problem based learning
B. Saintifik
C. Direct instruction

Jawaban: B

27. Pada percobaan uji kandungan glukosa pada makanan terjadi kebakaran pada pembakar spiritus yang digunakan untuk memanaskan suspensi bahan makanan yang telah dicampur dengan Fehling A+B. Penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut adalah….

A. Fehling A dan Fehling B mudah terbakar
B. Meniup pembakar spiritus untuk memadamkan
C. Glukosa bereaksi dengan spiritus dan api

Jawaban: B

28. Pak Arman sedang mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif di kelas pada topik/kegiatan menemukan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Arman pada fase ke-5 (evaluasi formatif) adalah…

A. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, kelompok lain cukup mendengarkan saja, guru memberikan umpan balik dan penguatan.
B. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.
C. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai.

Jawaban: B

29. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam…

A. Silabus
B. RPP
C. Lembar Penilaian

Jawaban: B

30. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah ....

A. Penilaian diri
B. Penilaian portofolio
C. Penilaian proyek

Jawaban: C

31.Berikut yang merupakan dimensi pengetahuan adalah…

A. Faktual, Psikomotor, Metakognitif
B. Faktual, Prosedural, Konseptual
C. Metakognitif, Konseptual, Afektif

Jawaban: B

32. Faktor penting yang dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

Jawaban: B

33. Perhatikan beberapa KD berikut ini!

KD sikap: melakukan kerjasama dalam percobaan
KD pengetahuan: menjelaskan sifat bahan konduktor listrik yang baik
KD keterampilan: melakukan penyelidikan sifat bahan konduktor listrik yang baik

Berikut ini adalah teknik penilaian yang sesuai untuk tiga KD di atas secara berurutan…

A. Observasi, tes tertulis, tes kinerja
B. Observasi, tes kinerja, tes tertulis
C. Tes tertulis, observasi, tes kinerja

Jawaban: A

34. Secara rinci, tujuan evaluasi program pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Memutuskan seberapa jauh tujuan program berhasil dicapai
B. Mengetahui besarnya biaya yang digunakan untuk pelaksanaan program
C. Mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran

Jawaban: B

35. Perhatikan kompetensi berikut ini: "Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut"

Apabila Anda ingin siswa mencapai kompetensi tersebut, alat/bahan/media yang tepat yang harus Anda gunakan dalam pembelajaran adalah…

A. Specimen asli
B. Video fotosintesis
C. Media berbasis IT

Jawaban: A

Demikian informasi ini, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan Guru yang saat ini berjuan untuk memperoleh gelar sebagai Guru Profesional dan bersertifikat Pendidiak. Terimakasih.




Demikianlah Artikel Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya

Sekianlah artikel Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya dengan alamat link https://infogurudancpns.blogspot.com/2024/09/kumpulan-contoh-soal-latihan-utbk-ukppg.html

0 Response to "Kumpulan Contoh Soal Latihan UTBK UKPPG PPG Guru Tertentu Beserta Kunci Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel