-->

Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas

Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas - Hallo sahabat Info Guru Dan CPNS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blog Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas

Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas

BlogPendidikan.net 
- Bagaimana cara mengisi form dokumen refleksi tindak lanjut observasi kelas dengan indikator Indikator Keteraturan Suasana Kelas.
Dokumen refleksi tindak lanjut merupakan tahap akhir pelaksanaan kinerja guru di pengelolaan kinerja PMM.

Setelah melaksanakan kegiatan observasi kelas, tindak lanjut observasi kelas selanjutnya bapak/ibu guru akan melakukan refleksi yang disajikan kedalam dokumen tindak lanjut.

Pada Dokumen Refleksi Tindak Lanjut ini guru akan menjawab beberapa pertanyaan terkait hasil tindak lanjut berdasarkan pilihan indikator yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berikut ini adalah mengisi form dokumen refleksi tindak lanjut observasi kelas, untuk indikator Keteraturan Suasana Kelas:

Mengisi Formulir Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas.
Indikator: Keteraturan Suasana Kelas 

1. Apa inspirasi yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Jawaban inspirasi: Setelah pelaksanaan observasi kelas dan diskusi tindak lanjut saya mendapatkan inspirasi bahwa:

* Guru harus selalu melakukan komunikasi positif untuk membangun suasana kelas yang kondusif, hal ini dicontohkan dengan memanggil murid dengan menyebut nama. 

* Guru harus menyampaikan harapan positif atau motivasi dalam proses pembelajaran di kelas dan 

* Kreativitas guru dalam melakukan aktivitas yang mencairkan suasana kelas sangat efektif untuk meningkatkan perhatian dan fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran 

* Melakukan strategi pengelompokkan dengan beragam peran di dalamnya, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan keaktifan dalam penyelesaian tugas kelompok.

* Selalu mengingatkan aturan/kesepakatan kelas kepada murid untuk membangun suasana kelas yang kondusif

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Jawaban capaian:

* Saya telah menerapkan komunikasi positif, efektif dan reflektif kepada seluruh siswa dengan tujuan meningkatkan kualitas kelas yang kondusif

* Saya selalu mengingatkan peserta didik tentang aturan/kesepakatan kelas agar suasana kelas nyaman dan kondusif

* Saya menerapkan ice breaking dan games yang bervariasi untuk mencair suasana kelas

* Saya telah melakukan strategi pengelompokkan di kelas, misalnya dengan beragam peran di dalamnya agar dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik. Selain itu, pengelompokan siswa juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan/pengetahuan awal peserta didik.

* Saya membantu dan memberikan bimbingan pesera didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya

* Saya selalu memberikan motivasi yang positif terhadap peserta didik dan mengajak murid untuk berinteraksi dan berperan aktif dalam kelompok

3. Apa 3 tantangan yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Jawaban tantangan: 

* Kreativitas untuk membuat atau menyusun ice breaking atau mini games yang seru dan bisa diterima murid

* Dinamika kelas yang tinggi terkadang membuat kondisi kelas tidak tertib

* Kondisi psikologis yang terkadang secara tidak langsung mempengaruhi kesabaran dalam menghadapi murid yang melanggar aturan/kesepakatan kelas.

4. Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Jawaban upaya perbaikan: 

* Menggali inspirasi tentang beragam ice breaking dan permainan yang dapat diterapkan dalam kelas dari berbagai sumber

* Melakukan Refleksi secara berkala dengan peserta didik

* Selalu menerapkan komunikasi positif dan asertif dengan murid

* Berdiskusi dengan rekan sejawat atau dalam komunitas belajar terkait dengan poin-poin penting meningkatkan keteraturan kelas.

Untuk mengisi form pada Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) anda dapat mengisikan sesuai dengan kondisi yang anda hadapi atas rekomendasi atasan.

Contoh Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas, bisa Anda unduh >>> DISINI

Demikian informasi tentang cara mengisi form dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas dengan indikator Keteraturan Suasana Kelas pada Penilaian Kinerja di PMM.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangna lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan pendidik lainnya. Terimakasih.

Ikuti dan baca artikel lainnya BlogPendidikan.net di GOOGLE NEWS



Demikianlah Artikel Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas

Sekianlah artikel Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas dengan alamat link https://infogurudancpns.blogspot.com/2024/05/mengisi-form-refleksi-tindak-lanjut.html

0 Response to "Mengisi Form Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas, Indikator Keteraturan Suasana Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel